You are here
Home > Tupoksi > Bidang Akuntansi

Bidang Akuntansi

Bidang Akuntansi mempunyai tugas sebagai berikut :

  1. merumuskan prosedur pelaporan keuangan yang transparan dan akuntabel;
  2. mengkoordinasikan penyusunan pedoman teknis pertanggungjawaban pelaksanaan APBD;
  3. mengkoordinasikan penyajian informasi laporan keuangan daerah;
  4. mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan teknis pertanggungjawaban dan laporan keuangan daerah;
  5. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Dalam melaksanakan tugasnya di bantu oleh tiga Sub Bidang dan mempunyai tugas sebagai berikut

Sub Bidang Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran , mepunyai tugas :

  1. melaksanakan akuntansi penerimaan pendapatan;
  2. melaksanakan akuntansi penerimaan pembiayaan;
  3. melaksanakan akuntansi pengeluaran belanja;
  4. melaksanakan akuntansi pengeluaran pembiayaan;
  5. merancang penerimaan dan pendokumentasian bukti fisik penerimaan dan pengeluaran perbendaharaan;
  6. merancang penerimaan dan pendokumentasian Buku Kas Penerimaan dan Pengeluaran perbendaharaan;
  7. membuat jurnal – jurnal koreksi atas pendapatan dan belanja usulan dari SKPD;
  8. membuat konsep kerjasama dengan Kasubbid Akuntansi Pelaporan untuk rekonsiliasi dengan SKPD dan Penyusunan Laporan Keuangan;
  9. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala

Sub Bidang Akuntansi Pelaporan, mempunyai tugas :

  1. melaksanakan akuntansi piutang;
  2. melaksanakan akuntansi persediaan;
  3. melaksanakan akuntansi investasi;
  4. melaksanakan akuntansi aset tetap;
  5. melaksanakan akuntansi kewajiban;
  6. melaksanakan akuntansi ekuitas;
  7. melaksanakan akuntansi penerimaan hibah;
  8. membuat jurnal transaksi-transaksi lain / penyesuaian / koreksi dalam penyusunan Laporan Keuangan;
  9. menyusunan laporan interim, dan laporan akhir tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar;
  10. melaksanakan rekonsiliasi laporan realisasi anggaran dengan SKPD;
  11. melaksanakan rekonsiliasi Barang Milik Daerah;
  12. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala

Sub Bidang Evaluasi, mempunyai tugas :

  1. menyusun pengumpulan, meneliti  dan memeriksa  kelengkapan SPJ Fungsional SKPD;
  2. membuat konsep kerjasama dengan Kasubbid Akuntansi Pelaporan untuk rekonsiliasi dengan SKPD dan penyusunan Laporan Keuangan;
  3. menyusun kebijakan akuntansi keuangan daerah dan system akuntansi dan kebijakan lain terkait dengan pelaksanaan Akuntansi;
  4. menyiapkan data realisasi penyerapan anggaran seluruh SKPD;
  5. menyiapkan data TGR terkait penyajian piutang;
  6. melaksanakan penata usahaan SPM Pengesahan BLUD;
  7. menyusun data terkait Pemeriksaan BPK;
  8. menyusun data terkait Evaluasi Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD; dan
  9. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala

 

Top